WORKSHOP PHBS

Pada tanggal 7 dan 8 Februari 2022, Kelurahan Prawirodirjan telah melaksanakan kegiatan Workshop PHBS (Pola Hidup Bersih Sehat) sebagai salah satu kegiatan Pemberdayaan Kelurahan. Kegiatan ini di ikuti oleh peserta yang terdiri dari tokoh masyarakat, Kader PKK, Kader Posyandu dan juga Ketua RW. Dengan peserta tersebut diharapkan materi yang disampaikan dalam workshop dapat disampaikan dan diterapkan oleh warga masyarakat di Kelurahan Prawirodirjan.

Sebagai salah satu kelurahan dengan kondisi wilayah padat penduduk, pola hidup bersih sehat sangat perlu untuk diterapkan masyarakat dalam kegiatan sehari-hari. Hal ini sebagai upaya dalam pencegahan adanya penyakit menular terutama di masa pandemi seperti saat ini. Selain itu, fokus pembahasan dalam workshop ini juga mengarah pada pentingnya Kesehatan Bagi Ibu dan Balita, Air Bersih dan juga Jamban Sehat. 

Ibu Tugirah selaku Narasumber dari PKK Kota Yogyakarta menyampaikan materi terkait pentingnya Kesehatan bagi Ibu dan Balita, mulai dari tahap ibu mengandung, melahirkan, menyusui hingga pemberian MP-ASI bagi balita. Sedangkan Ibu Nurul Izati selaku narasumber dari Puskesmas Gondomanan, memberikan arahan terkait bagaimana pencegahan penyakit menular di wilayah padat penduduk, bagaimana suatu jamban itu dapat dikategorikan sebagai jamban yang sehat dan juga terkait pentingnya air bersih bagi kehidupan sehari-hari. 

Kegiatan Workshop PHBS diharapkan mampu menjadi salah satu langkah dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di Kelurahan Prawirodirjan. Apabila kualitas kesehatan telah meningkat maka akan diikuti pula oleh kesejahteraan masyarakatnya dan dapat menjadikan Kelurahan Prawirodirjan sebagai kelurahan dengan tingkat kesehatan dan kesejahteraan warga dengan kualitas yang baik.