WORKSHOP LANSIA TANGGUH DAN MANDIRI

Pada tanggal 9 dan 10 Februari 2022, Kelurahan Prawirodirjan telah melaksanakan kegiatan Workshop Lansia Tangguh dan Mandiri di Pendopo Grha Krida Parawira. Kegiatan ini dihadiri oleh 30 orang peserta perwakilan dari Komisi Lansia yang berada di 18 RW Kelurahan Prawirodirjan. Dengan menghadirkan dua narasumber yaitu Bapak Dr.dr. Probosuseno, SpPd., KGer., FINASIM., SE., MM. dan Ibu Wuri Astuti Syamsudin selaku Ketua Pokja 1 TP-PKK Kota Yogyakarta, kegiatan workshop dapat berjalan dengan lancar dan peserta menunjukan antusias selama kegiatan berlangsung. 

Bapak Probosuseno memberikan materi yang berfokus pada pembahasan fisik dan psikis lansia. Meskipun di usia senja bukan berarti lansia tidak mampu mengerjakan sesuatu secara mandiri. Lansia juga mampu hidup sehat dan bahagia. Bapak Probosuseno juga menyampaikan ada 10 hal terkait kebutuhan orang lanjut usia yang salah satu diantaranya adalah rasa aman dan tentram. Rasa aman dan tentram dapat mencakup beberapa aspek baik secara material maupun immaterial. 

Ibu Wuri Astuti Syamsudin selaku narasumber kedua menyampaikan materi yang lebih berfokus kepada bagaimana lansia mengelola hubungan dengan sang pencipta, keluarga serta lingkungan sekitar. Apabila hubungan yang diciptakan merupakan hubungan yang baik maka akan berdampak positif pada lansia dan juga masyarakat sekitar.

Kesadaran dan perhatian masyarakat bagi lansia juga menjadi faktor utama dalam mensejahterakan lansia, oleh karena itu Bapak Rusdi Haryanto S.AP, selaku Lurah Kelurahan Prawirodirjan berharap adanya sinergitas di masyarakat dan lembaga kemasyarakatan dalam penanganan lansia di Kelurahan Prawirodirjan.