GELAR BUDAYA DAN POTENSI UMKM RKB PRAWIRODIRJAN

(Selasa, 15 November 2022) Rintisan Kelurahan Budaya Prawirodirjan telah sukses menyelenggarakan acara "Gelar Budaya dan Potensi UMKM" yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 12 November 2022 di Balai Warga Mekarsari Kelurahan Prawirodirjan Kemantren Gondomanan. Kegiatan ini difasilitasi oleh Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta dalam rangka menyemarakan dan menggali potensi budaya dan UMKM yang ada di wilayah Kota Yogyakarta. 

Dalam acara gelar budaya dan potensi UMKM yang diselenggarakan, RKB Prawirodirjan menggandeng beberapa musisi dan penari yang sudah memiliki NIK (Nomor Induk Kebudayaan) seperti Band K-MIEN Plus, Keroncong Damai Abadi, Musik Kampung Gema Perwira dan Sanggar Tari Aruming Prawiro. Pada akhir pertunjukan disuguhkan kolaborasi musik antara musik band, musik keroncong dan juga musik kampung sebagai bentuk bahwa musik itu tidak terbatas dan dapat dikolaborasikan dengan epik menjadi pertunjukan yang layak dipertontonkan ke khalayak umum. Selain kolaborasi musik, ada juga pertunjukan drama singkat yang bekerjasama dengan BNN Kota Yogyakarta mengenai bahaya penggunaan narkoba beserta dampak negatifnya. 

Selain pelaku seni, RKB Prawirodirjan juga menggandeng pelaku usaha sebagai rangkaian acara gelar potensi UMKM yang ada di Kelurahan Prawirodirjan. Seperti yang diketahui bahwa Kelurahan Prawirodirjan memiliki Sentra Jajanan Pasar bernama "WIRAOS" yang telah didirikan pada tahun 2021. Selain Wiraos ada pula pelaku usaha lain yang juga turut membuka gerai lapak pada acara gelar budaya dan potensi UMKM RKB Prawirodirjan tersebut. 

Ketua RKB Prawirodirjan, Dr.Y.Edhi Susilo, S.Mus.,M.Hum berharap bahwa kegiatan gelar budaya di wilayah dapat dilaksanakan secara konsisten sebagai wujud pelestarian budaya yang ada di wilayah Kota Yogyakarta.