CAPACITY BUILDING DALAM RANGKA UJI TIRU PERCEPATAN PENURUNAN STUNTING

(Rabu, 7 Desember 2022) Kelurahan Prawirodirjan mendapat kunjungan dari BKKBN Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah. Kunjungan kali ini berkaitan dengan Uji Tiru Percepatan Penurunan Stunting di Provinsi DIY. Dalam pelaksanaan kunjungan turut hadir pula perwakilan BKKBN Provinsi DIY, Kepala DP3AP2KB Kota Yogyakarta,  Mantri Pamong Praja Kemantren Gondomanan dan juga Ketua Kampung KB tingkat kelurahan di Kelurahan Prawirodirjan.

Seperti yang diketahui, bahwa di Kelurahan Prawirodirjan terdapat 16 balita yang teridentifikasi mengalami stunting. Dalam upaya penurunan angka balita stunting, Kelurahan Prawirodirjan memiliki program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) selama 90 hari tanpa terputus bagi balita stunting tersebut. Program ini juga mengikutsertakan peran kader Kampung KB Kelurahan, PKK Kelurahan, dan juga Tim Pendamping Keluarga (TPK) di Kelurahan Prawirodirjan. Selain pemberian makanan tambahan, Kelurahan Prawirodirjan tentunya juga bekerja sama dengan Puskesmas Gondomanan dalam memantau tumbuh kembang balita stunting, mulai dari berat badan hingga tinggi badan balita. 

Kunjungan uji tiru yang dilakukan oleh BKKBN Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah merupakan bentuk proses dalam mengadaptasi dan mempelajari kebijakaan pemangku wilayah terkait dalam mengatasi permasalahan terkait stunting. Diharapkan dengan adanya kunjungan ini dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan penanganan masalah stunting yang ada di wilayah.