PELATIHAN KUDAPAN SINGKONG BAGI ANGGOTA UP2K

(Senin-Selasa, 6-7 Maret 2023) Kelurahan Prawirodirjan menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Kudapan Singkong Bagi Anggota UP2K di Pendopo Kelurahan Prawirodirjan. Kegiatan ini diikuti oleh 30 peserta yang terdiri dari anggota dan juga pengurus UP2K dengan menghadirkan instruktur Ibu Tolok Triasih dari PKK Kota Yogyakarta dan Th. Gesang Sri Ambarwati. Kegiatan ini merupakan salah satu program pemberdayaan kelurahan yang telah diusulkan pada musrenbang tahun 2022 untuk pengembangan kualitas anggota UP2K tahun 2023 di Kelurahan Prawirodirjan. 

 

Ibu Gesang Sri Ambarwati memberikan materi tekait mitra UP2K serta manfaat apa saja yang didapat bila tergabung dalam UP2K. Kemudian dilanjutkan dengan memberikan materi terkait singkong serta olahan apa saja yang dapat dibuat dengan menggunakan tepung singkong. Ibu Tolok memberikan 3 resep kudapan yang terbuat dari tepung singkong. Beliau berharap olahan tersebut dapat menjadi ciri khas dari UP2K Kelurahan Prawirodirjan. 

UP2K merupakan singkatan dari Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga yang merupakan kegiatan ekonomi yang diusahakan oleh keluarga baik secara perseorangan maupun kelompok yang modalnya bersumber dari swadaya masyarakat, bantuan pemerintah maupun bantuan lain yang sah dan tidak mengikat. Tujuan dari UP2K adalah untuk membina dan mengembangkan kegiatan usaha keluarga yang tergabung dalam kelompok atau perorangan, sehingga secara bertahap mampu menjadi wiraswasta serta memungkinkan timbulnya kegiatan yang bersifat kooperatif di kemudian hari. Dengan adanya kegiatan pelatihan kudapan dari singkong bagi anggota UP2K, dapat menambah wawasan serta ketrampilan anggota agar dapat mengembangkan kemampuan untuk menghasilkan pendapatan dengan usaha pangan yang diolah.