LOMBA DAN FESTIVAL KULINER GANDENG GENDONG KELURAHAN PRAWIRODIRJAN

(Senin, 10 April 2023) Dalam rangka mendukung program Gandeng Gendong sebagai upaya pemerintah dalam penanggulangan kemiskinan, Kelurahan Prawirodirjan menyelenggarakan kegiatan Lomba dan Festival Kuliner Gandeng Gendong selama 5 hari yakni mulai tanggal 10 sampai dengan 14 April 2023 di sekitaran Kantor Kelurahan Prawirodirjan. Kegiatan ini dibuka oleh Mantri Pamong Praja Kemantren Gondomanan, Bapak Subarjilan S.IP., M.Si serta dihadiri oleh tamu undangan seperti Kepala KUA Gondomanan, Kepala UPT Puskesmas Gondomanan, Kapolsek Gondomanan dan Danramil Gondomanan. Peserta kegiatan lomba kuliner ini terdiri dari puluhan orang yang memiliki usaha pangan dan juga terdaftar dalam gandeng gendong Kelurahan Prawirodirjan.  

Kegiatan lomba kuliner yang diselenggarakan menggunakan bahan dasar olahan dari Ikan Lele dan juga Singkong sebagai lanjutan dari pelatihan sebelumnya yang telah dilaksanakan di Kelurahan Prawirodirjan. Adapun juri yang memberikan penilaian adalah Ibu Tolok Triasih dan Ibu Dian Wijaningrum dari TP PKK Kota Yogyakarta serta Ibu Riyatiningsih selaku Ketua TP PKK Kemantren Gondomanan. Penilaian lomba kuliner berdasarkan kreatifitas masakan, rasa, tampilan, kerapian penyajian dan juga kebersihan. Dengan diselenggarakannya kegiatan lomba kuliner kali ini, diharapkan akan munculnya inovasi-inovasi olahan pangan berbahan dasar ikan lele dan singkong yang dapat menjadi ciri khas Kelurahan Prawirodirjan.

Selain lomba kuliner, adapula stand bazar yang turut memeriahkan acara Lomba dan Festival Kuliner Gandeng Gendong. Terdapat 15 stand bazar yang mayoritas menjual produk makanan olahan sendiri seperti Brambang Goreng, Pangsit Keju, Peyek Kacang, Kue Kering dan lain sebagainya. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan produk UMKM yang dimiliki warga Kelurahan Prawirodirjan kepada pengunjung bazar. Festival Kuliner diharapkan dapat terlaksana setiap tahunnya terutama saat Bulan Ramadhan agar menjadi ikon di Kelurahan Prawirodirjan sebagai salah satu momen rutin dalam menyemarakan Ramadhan.