PELATIHAN PENGELOLA PAUD

(Jumat, 19 Mei 2023) Salah satu kegiatan pemberdayaan masyarakat di Kelurahan Prawirodirjan yang dilaksanakan pada Bulan Mei 2023 adalah Kegiatan Pelatihan Pengelola PAUD. Kegiatan tersebut melibatkan 35 pendidik PAUD yang ada di 12 Satuan PAUD Sejenis (SPS) yang berada di wilayah Kelurahan Prawirodirjan. Pelatihan Pengelola PAUD dilaksanakan selama 3 hari mulai dari hari Senin, 15 Mei 2023 sampai dengan hari Rabu, 17 Mei 2023 di Pendopo Kelurahan Prawirodirjan.

Adapun instruktur yang memberikan pelatihan dan materi selama 3 hari adalah dari HIMPAUDI Kota Yogyakarta yaitu Ibu Yuyun Evy Hartutik S.Psi, Ibu Lina Marlina, MA, dan Ibu Umi Arita Purbayu, S.Pd. Materi yang disampaikan meliputi penerapan Kurikulum Merdeka, Pembentukan Karakter Melalui Pola Asuh Positif, Pembelajaran PAUD berdasarkan Tipologi Wilayah, dan Pembuatan Akun belajar.id yang berfungsi untuk mengakses layanan pembelajaran berbasis elektronik.     

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan pembinaan anak dari lahir hingga usia 6 tahun. Pembinaan tersebut dilakukan sebagai bantuan perkembangan rohani dan jasmani agar anak siap memasuki pendidikan lebih lanjut. Pendidikan di usia dini juga dapat menstimulus perkembangan emosional anak dan intelektual anak. Pendidikan anak usia dini dapat diselenggarakan melalui jalur pendidikan formal, nonformal dan atau informal. Pengelolaan PAUD perlu mengacu pada Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini (STTPA). STTPA merupakan kriteria mengenai kemampuan yang dicapai anak pada seluruh aspek perkembangan dan pertumbuhan.