PELATIHAN PENGELOLAAN SAMPAH DAN LIMBAH RUMAH TANGGA DI KELURAHAN PRAWIRODIRJAN

(Kamis, 25 Mei 2023) Pelatihan Pengelolaan Sampah di Kelurahan Prawirodirjan di ikuti oleh 12 bank sampah yang berfokus di Kampung Prawirodirjan. Pelatihan ini turut menghadirkan fasilitator kelurahan yang memiliki tugas mendampingi bank sampah yang ada di wilayah. Kegiatan Pelatihan Pengelolaan Sampah dilaksanakan selama 2 hari mulai dari tanggal 24 sampai dengan tanggal 25 Mei 2023 di Pendopo Kelurahan Prawirodirjan. 

Adapun materi yang disampaikan oleh pemateri pertama yaitu Bapak Henricus Hari Wantoro adalah mengenai pengelolaan sampah menggunakan komposter ember tumpuk yang berfungsi memproses pupuk organik cair (POC). Manfaat dari penggunaan ember tumpuk antara lain dapat membantu menyelesaikan sampah di tingkat rumah tangga, bahan yang digunakan murah dan mudah didapat, serta membantu mempermudah pengelolaan sampah dan limbah rumah tangga sampai tingkat tempat pembuangan akhir. Bahan yang dibutuhkan dalam pengelolaan sampah dengan ember tumpuk antara lain ember kapasitas 20 liter, sampah organik buah-buahan, sampah organik campur dan juga lalat hermitia illucen. 

Selain materi yang disampaikan, para peserta pelatihan juga turut mengikuti praktik secara langsung dalam membuat eco enzym. Eco Enzym merupakan cairan alami serba guna yang merupakan hasil fermentasi dari gula, sisa buah/sayuran dan juga air. Ibu Sri Martini selaku pemateri memberikan arahan kepada para peserta pelatihan terkait takaran yang tepat untuk menghasilkan cairan eco enzym. Eco Enzym sendiri memiliki segudang manfaat yang dapat digunakan sehari-hari seperti untuk kesehatan, pertanian dan juga untuk mengurangi tumpukan sampah yang semakin hari sulit dikendalikan di tempat pembuangan akhir. 

Kegiatan Pelatihan Pengelolaan Sampah di Kelurahan Prawirodirjan dilaksanakan sebagai bentuk salah satu upaya pemerintah dalam menanggulangi penanganan sampah dan limbah di tingkat rumah tangga. Harapannya para peserta pelatihan dari unsur pengurus bank sampah di wilayah dapat memberikan edukasi kepada masyarakat di sekitar terkait pengelolaan sampah dan mengajak untuk mengolah sampah limbah rumah tangga menjadi lebih bernilai dan bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari.