PROGRES PEMBANGUNAN WAJAH BARU  LEMBAH CODE DI KELURAHAN PRAWIRODIRJAN

(Kamis, 22 Juni 2023) Pembangunan pada dasarnya merupakan upaya untuk memanfaatkan potensi wilayah yang ada, memecahkan permasalahan yang dihadapi serta memenuhi kebutuhan masyarakat menuju keadaan yang semakin sejahtera. Dalam masterplan-nya, salah satu program yang hendak diwujudkan oleh Kelurahan Prawirodirjan adalah Pembangunan Kawasan Lembah Code. Tujuan Pembangunan dan Penataan Kawasan Lembah Code antara lain pemanfaatan ruang untuk Ruang Terbuka Hijau Publik, mitigasi bencana banjir dan sebagai titik ungkit ekonomi baru bagi potensi kuliner dan wisata yang dimiliki oleh Kampung Prawirodirjan. Selain itu Program penataan  koridor lembah code dilakukan dengan mempertimbangkan bahwa kondisi eksisting badan jalan di sepanjang bantaran sungai yang relatif sempit, sehingga aksesibilitas dan keselamatan kampung terganggu.

Pengembangan kawasan lembah code berorientasi pada upaya penataan koridor sehingga menarik pengunjung untuk datang dan berkegiatan di sepanjang koridor tersebut. Artinya, kawasan lembah code diharapkan dapat menjadi destinasi atau tujuan kegiatan yang sesuai dengan konsep do dolan dan sekaligus menangkap potensi pengunjung yang datang dengan menyiapkan ruang bagi masyarakat Kelurahan Prawirodirjan untuk berdagang serta sebagai etalase produk-produk UMKM unggulan di kelurahan. 

Bersinergi dan bekerjasama dengan Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPKP) sejak tahun 2022, progres pembangunan Kawasan Lembah Code terus mengalami peningkatan yang signifikan dalam mengimplementasi pembangunan sesuai masterplan Kelurahan Prawirodirjan. Sinergitas Kelurahan Prawirodirjan dan Dinas PUPKP dalam pengembangan wajah baru Lembah Code akan terus berlanjut dan diharapkan pada tahun 2025 pembangunan akan selesai dilaksanakan dan dapat digunakan sesuai dengan tujuan masterplan Lembah Code Kelurahan Prawirodirjan.