WORKSHOP PAAR EDI, TEKANKAN PENTINGNYA PERAN ORANG TUA DAN LINGKUNGAN DI ERA DIGITAL

(Kamis, 7 Maret 2024) Sebagai bentuk upaya dalam mewujudkan generasi yang berkualitas, Kelurahan Prawirodirjan melaksanakan kegiatan Workshop PAAR EDI (Pola Asuh Anak dan Remaja di Era Digital) di Balai Warga 2 Mekarsari    dengan melibatkan 80 orang tua yang memiliki anak rentan usia 0-17 tahun. Kegiatan ini merupakan usulan dari Pokja I PKK dan juga Mitra Keluarga "Sejahtera" Kelurahan Prawirodirjan melalui Musrenbang Kelurahan tahun 2023.

Kegiatan Workshop PAAR EDI menghadirkan 3 narasumber, yang pertama yaitu Ibu Dr. Amar, M.Si.,M.Psi.,Psikolog dari TP PKK Kota Yogyakarta dengan materi “Situasi Anak dan Remaja Indonesia di Era Digital dan Kaitannya dengan PAAR EDI”. Narasumber kedua yaitu Ibu Tri Novita Herdalena S.Psi.,Psikolog dari Puspaga Kenari dengan materi “Menjaga Anak dan Remaja dari Bahaya Perkawinan Anak” dan dilanjutkan dengan narasumber ketiga yaitu Ibu Ida Lastriningsih selaku Kasie Pemberdayaan Kelurahan Prawirodirjan dengan materi “Penguatan PAAR EDI di Kelurahan Prawirodirjan”.

Dalam penyampaian materi Workshop PAAR EDI, ketiga narasumber menekankan pentingnya peran orang tua dan lingkungan dalam mengaplikasikan pola asuh anak dan remaja di era digital yang erat kaitannya dengan gadget. Mudahnya berbagai informasi yang diakses melalui gadget oleh anak-anak dan remaja tentu perlu pengawasan atau “filter” dari orang tua serta lingkungan sekitar. Hal ini perlu dilakukan agar anak-anak dan remaja tidak mengakses website maupun konten negatif yang berdampak buruk pada perkembangan nilai agama, sosial, budaya dan karakteristik jati diri yang berkualitas.